Curriculum Vitae

Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya. Sebuah CV umumnya dijumpai saat seseorang melakukan lamaran kerja.

Curriculum vitae sering kali menjadi acuan utama untuk menentukan sementara posisi kerja berdasarkan keahlian calon pegawai yang tercantum di dalamnya.

Dalam sebuah CV, selain menggambarkan pengalaman dan kualifikasi, juga dicantumkan data profil pelamar dengan selengkap mungkin.

Mulai dari nama, data pribadi, dan kontak, atau media komunikasi yang bisa digunakan. Kelengkapan data ini akan bermanfaat untuk database perusahaan dan sarana komunikasi antara perusahaan dan kita nantinya.

Cara Membuat Curriculum Vitae

Kita harus mengetahui jika Curriculum Vitae yang baik adalah yang ringkas dan padat. Kita harus bisa menyusun sebuah konsep tulisan yang tidak bertele-tele, namun mampu menarik dan informatif.

Tuliskan berbagai hal yang relevan saja, atau bisa kamu tambahkan berbagai hal yang sekiranya bisa menggambarkan berbagai keunggulan yang kamu miliki.

Untuk menulis sebuah CV yang baik, sebaiknya ikuti format penulisan berikut,

  • Nama dan data profil, beserta nomor kontak yang bisa dihubungi.
  • Kualifikasi dan riwayat pendidikan.
  • Deskripsi kemampuan yang relevan, yang dibuktikan dengan data pelatihan atau kursus yang pernah di ikuti.
  • Pengalaman kerja.

Adapun langkah-langkah yang dapat anda lakukan ialah sebagai berikut:

1. Lakukan Job Research

Sebelum Anda membuat Curriculum Vitae, langkah pertama tentu saja Anda harus mencari informasi secara mendetail tentang perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan Anda lamar. Tentu saja jenis pekerjaan itu adalah yang sesuai dengan bidang yang Anda minati. Catatlah segala informasi berkenaan dengan segala persyaratan pelamar seperti kualifikasi pekerjaan, keterampilan atau keahlian, usia dan tak jarang perusahaan yang mencari pekerja yang sudah memiliki pengalaman bekerja selama rentang waktu yang dikhususkan.

2. Ketahui Isi CV secara Umum

Hati-hati dalam menyusun agar berurut supaya tidak membingungkan pembaca CV Anda terutama pihak HRD yang akan menilai kualitas Anda pertama kali melalui CV tersebut. Pada umumnya, isi yang ada dalam sebuah CV antara lain sebagai berikut:

  • Identitas Diri: Nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email.
  • Pendidikan: Pendidikan terakhir, jurusan dan IPK.
  • Personalitas: Gambaran singkat karakter diri Anda.
  • Keterampilan: Keterampilan yang Anda miliki.
  • Proyek dan Pengalaman Kerja: Hal yang sudah Anda selesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah Anda dapatkan.
  • Training (Pelatihan Terbaru): Pelatihan yang telah diikuti 2–3 tahun terakhir.
  • Informasi Lain tentang Diri Anda: Hobi, referensi atau hal lain tentang diri Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

3. Mulai Membuat CV

Cara membuat curriculum vitae yang menarik adalah relevansi isi dan desain yang menarik. Buatlah desain yang mudah dibaca, minimalis dan layout yang rapi.

  • Cantumkan Identitas Diri. Tuliskan nama lengkap Anda, alamat, nomor telepon dan alamat email serta jangan lupa untuk menyertakan pasfoto terbaru Anda.
  • Tulis jenjang pendidikan.
  • Paparkan secara singkat, padat dan jelas mengenai karakter Anda dan nilai-nilai kehidupan yang Anda junjung.
  • Deskripsikan keterampilan serta skill yang Anda miliki terutama yang menunjang pekerjaan yang menjadi sasaran Anda.
  • Apabila Anda bekerja sebelumya, tuliskan pengalaman kerja Anda dan pencapaian serta penghargaan yang pernah Anda raih apabila ada. Hal ini akan memberikan nilai tambah pada diri Anda dan perhatian khusus bagi pihak pembaca.
  • Cantumkan juga berbagai pelatihan yang pernah Anda ikuti yang menambah skill.
  • Cantumkan informasi tentang diri Anda yang relevan dengan pekerjaan Anda dan juga referensi dari beberapa orang penting di perusahaan, tempat Anda bekerja sebelumnya.

4. Membaca Ulang CV Anda

Langkah selanjutnya adalah Anda perlu membaca ulang CV yang telah Anda buat tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalkan kesalahan dan memastikan bahwa CV Anda sudah tersusun dengan rapi, tanpa ada tata bahasa dan ejaan yang salah dan menggunakan kalimat yang jelas, singkat serta efektif. Usahakan menggunakan kata-kata dan kalimat bahasa Indonesia yang baku.

Gunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia Online atau mencari kata-kata baku dari artikel-artikel di website internet.

Untuk membuat CV dengan berbagai tema kunjungi https://kuis.online/tutorial/contoh-cv